Detail Cantuman
Advanced Search
Text
Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif Edisi Kedua Cetakan ke 11
Edisi kedua ini membahas detail hakikat istilah kuantitatif dan kualitatif, varian paradigma dan kaitannya dengan riset, termasuk bagaimana riset post-positivistik, teknik membuat latar belakang masalah, serta beberapa varian riset komunikasi. Juga disertai contoh-contoh riset di berbagai bidang komunikasi (media, public relations, manajemen komunikasi pemasaran, dan lainnya) secara praktis untuk skripsi, tesis, dan disertasi.
Buku yang ditulis Rachmat Kriyantono ini bukan suatu karya yang terlepas begitu saja dari sekian banyak literatur metodologi penelitian sosial atau metodologi penelitian komunikasi yang ada di masyarakat. Lebih spesifik lagi, karya ini mencoba mengategorisasi jenis paradigma dan jenis metode yang mengikutinya dalam dua paradigma dominan, yaitu paradigma penelitian kuantitatif positivistik dan paradigma kualitatif fenomenologi. Selain mengupas paradigma kuantitatif dengan cara-cara statistik membedah data dengan pisau statistika, juga pada paradigma kualitatif, keberanian penulis mengemukakan metode analisis isi, analisis domain, dan teknik komparatif konstan. Sesuatu yang baru juga keberanian penulis mengemukakan alternatif metode penelitian dan analisis komunikasi, antara lain: analisis teori Niche, observasi partisipasi media, riset public relation kontemporer seperti framming analysis, analisis wacana, dan semiotika yang menurut kebiasaan hal ini adalah sesuatu yang baru; hal mana yang mendorong saya merasa perlu memberi pengantar pada buku ini.
—Prof. Dr. H. M. Burhan Bungin, S.Sos., M.Si., Ph.D.
Guru Besar Sosiologi Komunikasi; Doktor dari Universitas Airlangga; dan Ph.D. dari Universiti Utara Malaysia.
Dari aspek epistemologi, buku ini menawarkan berbagai varian riset komunikasi kontemporer yang bisa dilakukan dalam keempat paradigma di atas. Varian-varian metode yang menunjukkan bahwa komunikasi tidak pernah kekurangan tema-tema riset selaras dengan sifat komunikasi yang ubiquity. Varian riset seperti ekologi komunikasi, readability, readership study, netnografi, dan meta-analisis dibahas dengan menampilkan berbagai contoh aplikasi praktis. Salah satu yang dibahas penulis adalah etnografi kritis di bidang public relations yang boleh disebut belum banyak dilakukan di Indonesia. Buku ini bisa membantu menghasilkan riset yang berpotensi untuk publikasi.
—Prof. Rachma Ida, Dra., M.Comm., Ph.D.
Guru Besar Media Komunikasi Budaya Universitas Airlangga Indonesia; Master of Communications Edith Cowan University, Western Australia; Doctor of Philosophy in Communication Curtin University, Western Australia.
Ketersediaan
B09685 | 380.072 kri t | Perpustakaan (KOLEKSI UMUM) | Tersedia |
B09686 | 380.072 kri t | Perpustakaan (KOLEKSI UMUM) | Tersedia |
B09687 | 380.072 kri t | Perpustakaan (KOLEKSI UMUM) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
380.072 kri t
|
Penerbit | Kencana : Jakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa | |
ISBN/ISSN |
978-623-218-210-3
|
Klasifikasi |
380.072 kri t
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain