No image available for this title

KEMANDIRIAN ACTIVITY DAILY LIVING PADA LANSIA DI PANTI WERDHA MOJOPAHIT MOJOKERTO



Kelompok usia lanjut mengalami kemunduran produktivitas karena terjadi penurunan fungsi, sehingga akan menyebabkan kelompok usia lanjut mengalami penurunan dalam melaksanakan kegiatan harian seperti makan, ke kamar mandi, berpakaian, dan lainnya dalam Activities Daily Living. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemandirian activity daily living pada lansia di Panti Werdha Mojopahit Mojokerto. Desain penelitian ini adalah depkritif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia di Kemandirian activity daily living pada lansia di Panti Werdha Mojopahit Mojokerto sebanyak 37 orang.
Teknik sampling penelitian ini adalah total sampling sehingga didapatkan sampel sejumlah 37 orang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 Mei 2018. Variabel dalam penelitian ini adalah kemandirian ADL. Instrument yang digunakan adalah Indeks Barthel. Analisa data menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang mengalami ketergantungan ringan sebanyak 27 orang (73,0%), mandiri sebanyak 6 orang (16,2%), dan ketergantungan total sebanyak 4 orang (10,8%). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami ketergantungan ringan. Lansia mengalami penurunan kondisi fisik dan kesehatan sehingga membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi aktivitas sehari-hari. Lansia yang mandiri karena dapat melakukan semua ADL secara mandiri, sedangkan yang ketergantungan ringan karena memerlukan bantuan dalam hal perawatan diri, mobilisasi, dan naik turun tangga. Lansia dengan ketergantungan total tidak dapat melakukan semua ADL secara mandiri.


Ketersediaan

088/S1P/2018088-2018 SKRIPSI S1 KEPERAWATANPerpustakaan (SKRIPSI S1 KEPERAWATAN)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
088-2018 SKRIPSI S1 KEPERAWATAN
Penerbit STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto : Mojokerto.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya